"The secret of getting ahead is getting started"

Laman


Jumat, 28 Mei 2010

BAKAT DAN USAHA


Kemaren teman-teman pada berdebat masalah "bakat". Intinya sich mereka memperdebatkan pentingnya bakat dalam memilih profesi. Kata yang satu "Kalau waang ebat nyanyi, yo jadi panyanyi jo la. Jangan jadi pemain bola ang!". Nah kata yang satu lagi "halaah yang penting cari karojo tu yang enak, banyak piti, ndak punya bakat ndak masala do. yang penting awak nyaman". nah lho...!!


Dalam keseharian, saya sering mendengar kisah orang-orang yang sukses dikarenakan bakatnya dan akhirnya kadang-kadang saya memang berpikir bahwa “Wah memang si Ari Lasso, Agnes Monica, dll bakatnya di Nyanyi, si Lukman Sardi,Dedi Mizwar,dll bakatnya jadi aktor film" dan lain sebagainya sehingga pada akhitnya saya memang mikir bakatlah yang membuat mereka sukses. So mereka memang ditakdirkan untuk sukses karena sudah diberi "bakat" olehNya.


Bakat adalah anugrah dari yang maha kuasa yang diberikan kepada tiap-tiap individu di dunia ini. Setiap orang adalah individu yang unik, dan masing-masing individu tersebut memiliki bakat atau kelebihan yang berbeda satu sama lainnya. Dengan bakat seseorang akan lebih mudah memahami dan menguasai suatu bidang sehingga dia dapat sukses di dalam bidang tersebut. Ibaratnya seekor ikan dapat berenang dengan mudah didalam air, atau burung yang dapat terbang tanpa kesulitan di udara.


Namun saya pikir Bakat bukanlah segalanya untuk mencapai suatu kesuksesan. Usaha yang gigih dan tidak pantang menyerah juga merupakan salah satu kunci sukses. Seperti kata sebuah semboyan ”Asal ada Kemauan Di Sertai Usaha Insyaallah Kamu Bisa”. Intinya, hanya dengan usaha dan izin dari Allah SWT kita bisa mencapai suatu keberhasilan.


Bagi mereka yang memiliki bakat sekalipun, jika mereka tidak megembangkan bakat yang mereka miliki maka bakat itu akan menjadi sia-sia. Seperti yang dikatakan oleh Andrea Hirata “Bakat tersebut tidak datang dengan sendirinya, dia haruslah dicari oleh pemiliknya”. Seorang Agnes Monica maupun ari Lasso tidak akan mampu bernyanyi dengan baik jika mereka tidak berlatih vokal. Intinya bakat adalah anugrah dari Allah SWT yang akan kita miliki HANYA jika kita melatihnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACA BUKU BUKA DUNIA

BACA BUKU BUKA DUNIA