"The secret of getting ahead is getting started"

Laman


Sabtu, 21 Agustus 2010

ASAL USUL NAMA AIR MOLEK

Sebagai warga Air Molek rasanya gak pantes kalo gak tau sejarah kotanya sendiri. Nah sekarang gue mau ngasi tau asal usul nama kota kampung halaman gue ini.


Menurut cerita dari orang-orang tua gue di Air Molek, yaitu paman-bibi, uncu, kakek-nenek, dst yang mengetahui tentang sejarah kota Air Molek mengatakan bahwa nama Air Molek berasal dari dua kata bahasa melayu yaitu “aio” dan “molek”. “Aio” berarti air sedangkan “molek” berarti bagus atau besih. Mengapa dikatakan demikian?. Karena pada zaman dahulu di pusat kota Air Molek saat ini terdapat sebuah sungai kecil, dimana airnya tersebut jernih, bersih,. Sungai ini disinyalir adalah sungai disebelah timur Pasar Lama Air Molek sebelum Sungai Indragiri (Kuantan). Jika kita hendak menuju Kuantan melalui pasar Lama, nah kalau kita melewati gang disamping toko mas Gembira dan meniti sebuah jembatan kecil. Nah lokasi, yang mungkin, sudah tidak lagi seperti sungai itu dulunya adalah sebuah sungai yang airnya sangat jernih dan bersih yang bahkan layak untuk langsung diminum tanpa harus dimasak terlebih dahulu. (bener loh_kata narasumbernya)


Dari cerita yang kedua mengatakan kalau nama Air Molek itu berasal dari dua kata juga yaitu "Aio Mole", "aio" yang berarti air dan "Mole" berasal dari kata menyole yang berarti menyalah/salah (yang aneh dan tidak seperti biasanya). Menurut cerita ini menerangkan bahwa orang-orang tua dulu melihat sebuah sungai yang aneh. Dimana ketika air sungai yang biasanya bermuara ke sungai yang lebih besar ataupun sungai yang bermuara ke laut, tidak demikian dengan sungai yang satu ini. Jikalau biasanya air sungai mengalir ke tempat yang lebih rendah dan terus mengalir dari hulu ke hilir, tidak seperti itu sungai tersebut. Yaitu ketika sungai kuantan (Indragiri) naik maka aliran sungai ini malah balik ke hilir. Hal tersebut terjadi terus menerus. Tentu fenomena seperti ini diluar dari biasanya. Maka oleh orang-orang dulu menyebutkan sungai tersebut adalah sungai menyoleh (sungai yang menyalahi aturan aliran sungai) hingga akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Air Molek. Iya enggak ya? Kita gak bakal tau karena sungainya sekarang gak mengalir lagi_hehe


Sedangkan dari versi yang ketiga adalah dari orang-orang tua etnis Jawa yang sudah lama berdomisili di Indragiri. Menyebutkan bahwa Air Molek berasal dari kata "Air" dan "Mole". Kata Air yang berarti memang air sedangkan mole berarti balik. Hal tersebut berdasarkan keadaan air sungai yang terdapat di daerah tersebut yang apa bila sungai kuantan naik maka aliran sungai itu balik ke asalnya. Pertemuan dua arus tersebut menjadi keanehan hingga disebutlah nama sungai tersebut menjadi Air Mole (air balik).


Begitulah ketiga versi mengenai asal muasal nama kota Air Molek, versi mana yang benar tidak ada yang mengetahui dengan pasti. Namun satu yang pasti, Sungai yang disinyalir merupakan asal muasal nama kota Air Molek kini tidaklah lagi “Molek”. Karena semakin padatnya penduduk, pemukiman semakin mendekati pinggiran sungai. Sehingga limbah- limbah dan sampah rumah tangga dengan mudahnya teronggok di piggiran sungai. Sekian puluh tahun berlalu sungai yang dulunya Molek kini berubah menjadi Jelek, yang bahkan sama sekali tidak mengalirkan air lagi dan menjadi tumpukan-tumpukan sampah dan sarang penyakit. Disadari atau tidak, masyarakat kota Air Molek sudah kehilangan sebuah aset yang berharga, karena itu janganlah sampai kehilangan aset berharga yang lainya yaitu Sungai Indragiri.


keep spirit__> GO GREEN__and save our earth ^_^


1 komentar:

BACA BUKU BUKA DUNIA

BACA BUKU BUKA DUNIA